Home Metropolitan Peduli Pengembangan Kopi Liberika, PetroChina Terbangkan 10 Peserta Perwakilan Kelompok Petani Tanjab Timur ke Jember

Peduli Pengembangan Kopi Liberika, PetroChina Terbangkan 10 Peserta Perwakilan Kelompok Petani Tanjab Timur ke Jember

97
0
SHARE
Peduli Pengembangan Kopi Liberika, PetroChina Terbangkan 10 Peserta Perwakilan Kelompok Petani Tanjab Timur ke Jember

Lanainews - Jambi, “Kopi Liberika Zabaq, Jaya!” ujar Nurul Amin selaku salah seorang Petani Gambut Lestari. 

SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd. (PCJL) melalui Program Pengembangan Masyarakat terus mendukung program pengembangan Kopi Liberika di Provinsi Jambi, salah satunya di Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Pada tahun ini (2022), sebagai kelanjutan dari program pengembangan Kopi Liberika yang telah berjalan sebelumnya, PCJL bekerja sama dengan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (PUSLITKOKA) di Jember - Jawa Timur mengadakan kegiatan pelatihan, mulai tanggal 21 hingga 26 Juni 2022.

“Pelatihan diadakan untuk peningkatan kapasitas anggota kelompok tani Tanjung Jabung Timur, dengan materi: Budidaya dan Pengolahan Pasca Panen Kopi, Uji Mutu Kopi, Roasting dan Blending Kopi, serta Fieldtrip,” ujar Ahmad Ramadlan selaku GOVREL Advisor PetroChina International Jabung Ltd.

Pelatihan diadakan dengan ketentuan jumlah penerima manfaat dari Kabupaten Tanjung Jabung Timur adalah 10 orang perwakilan kelompok tani dari Desa Sungai Beras, Desa Mendahara Tengah, dan Desa Jati Mulyo, dan 1 orang pendamping.

Diketahui bentuk dukungan yang diberikan oleh PCJL dalam program ini yakni biaya pelatihan, biaya transportasi dari Kabupaten Tanjung Jabung Timur ke Jember pulang-pergi, akomodasi selama pelatihan, dan uang saku untuk 10 peserta, serta 1 orang pendamping. 

Setelah mendapatkan pengakuan Hak Paten dan Sertifikat Indikasi Geografis dari DIRJEN Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia, Kopi Liberika Tungkal Komposit semakin populer di kalangan pencinta kopi, khususnya di Indonesia. Kopi Liberika sendiri merupakan kopi yang khas tumbuh di dataran rendah tau di kawasan rawa. Mengingat hal tersebut, PetroChina memfokuskan pengembangan dan pelatihan untuk membudidayakan kopi tersebut. Saat ini, Kopi Liberika tengah dibudidayakan oleh masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur. (Ut)

  • TAGS