Puluhan Rumah Warga Roboh Diterjang Rumput

Puluhan Rumah Warga Roboh Diterjang Rumput

Puluhan  Rumah Warga Roboh  Diterjang Rumput

LANAIJAMBI.COM , Kumpeh - Sejumlah desa di Kecamatan  Kumpeh, Kabupaten Muaro Jambi hingga kini masih  dihantuin dengan musibah rumput  kumpeh  (Siambang).

Baca Juga:

ROBOT Kecil Cikal Bakal Transformer

Seperti yang terjadi  di Desa Sungai Bungur. Berdasarkan  catatan  pemerintah  setempat, akibat  Sungai  Kumpeh  yang sudah mulai surut  dan arus sungai yang  deras mengakibatkan belasan rumah mengalami  rusak berat dan rusak ringan, Senin (25/3/2024).

Tamin, Kepala  Desa Sungai Bungur menhatakan, warga semakin Khawatir dan was-was pasalnya hingga saat Siambang yang menutupi aliran sungai Kumpeh menyebebabkan beberapa rumah warga di Rt 01, 02 dan 03 Dusun I yang dipinggiran Sungai terseret Rumput Kumpeh tersebut.

Jumlah rumah yang rusak berat di RT.02  1 Rumah, RT.03 1 Rumah. Kemudian jumlah rumah yang rusak ringan di RT.02 : 10 KK, RT.03 4 KK. Total kerugian  mencapai puluhan juta rupiah.

Warga membersihkan Siambang di Sungai Kempeh

"Ada 16 rumah yang sudah mengalami  kerusakan, baik rusak berat maupun rusak ringan," kata Tamin.

Menurut  Kades, pemicu utama Siambang  ini tidak adanya kerja sama  di bidang  penegak hukum. Karena sebelum ada sentrum kumpeh tidak pernah sampai sebesar itu. Bahkan membuat buntu sungai.

 Apalagi sampai membawa petaka atau korban rumah warga.Karena masyarakat berkegiatan mencari ikan lewat memasang belat jaring tembilar tajur dan empang.

Advertisement


News Ecosystem